Rakab (Riders Kaji Kitab) Senin, 21 November 2022

Setiap ingin memulai Rakab (Riders Kaji Kitab), kita selalu rutin melakukan pembacaan RATIB Al-Haddad, membaca Surah Al-Waqiah dan Al-Mulk, dan membaca doa sebelum belajar.

Pada rakab kali ini yang di pimpin Habib Qudshi AL Habsyi, membahas lanjutan RAKAB (31 Oktober 2022) Doa ba’da Wudhu kemudian dilanjut dengan membaca surat Al Qadr sampai akhir hayat sebanyak 3x

Artinya:

Aku bersaksi bahwasannya tiada tuhan selain Allah SWT, dan tujuan itu satu tuhan itu hanya Allah SWT, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu adalah hambanya dan utusannya. Dan segala puji bagi engkau ya Allah dan segala tahmid bagimu ya Allah, dan aku bersaksi bahwasannya tiada tuhan selain engkau, dan aku beristigfar kepadamu, dan aku bertobat kepadamu, dan jadikanlah aku sebagai hamba yang bertaubat, dan jadikan aku juga sebagai orang-orang yang suci disisi engkau ya Allah, dan jadikan aku dari pada golongan orang-orang yang soleh.

Fadillah (Keutamaan) membaca Doa ba’da Wudhu:

  1. Orang tersebut akan dibukakan pintu surga delapan-delapannya {adapun pintu-pintu surga itu ialah babus shalah (pintu salat), babul jihad (pintu jihad), babus shadaqah (pintu sedekah), dan babur rayyan (pintu ar Rayyan), babut taubah (pintu tobat), babul kazhimil ghaiza (pintu menahan marah), babur radhiin (pintu rida), dan babul ayman (pintu kanan)} dan menurut para ulama orang yang membaca doa ba’da wudhu secara istiqomah maka dia bisa memasuki pintu surga ar Rayyan.
  2. Menurut para ulama orang yang membaca surah Al Qadr sebanyak 3x setelah doa ba’da wudhu maka dia akan mendapatkan fadillah (keutamaan) diantaranya setiap satu huruf yang kalian baca pada surah Al Qadr yang kalian baca itu maka akan diganjar 2000 pahala.
  3. Menurut para ulama setiap percikan air wudhu (dari berkumur sampai membasuh kaki) setiap air percikannya Allah ciptakan 1 malaikat khusus untuk kalian, setiap malaikat yang diciptakan ini mempunyai tugasnya masing-masing (contohnya; malaikat ini bertugas beristigfar untuk kita, sampai kapan? Sampai hari kiamat malaikat itu ditugaskan sama Allah SWT akan beristigfar untuk kita.)

Adapun yang harus digaris bawahi adalah adab setelah berwudhu sampai waktu shalat agar tidak berbicara (kecuali darurat) dan salah satu hikmahnya adalah Penjagaan malaikat, dan malaikat ini khusus ditugaskan untuk menjaga orang-orang yang menjaga wudhunya secara khusyuk dilakukan agar terhindar dari bala, musibah dan marabahaya apapun. Bahkan tidak sampai disitu, menurut para ulama orang yang suka wudhu akan memperluas akhlaknya.

  1. Dari an abi sa’ad al khudri ra, “Barang siapa yang membaca doa ini setelah wudhu dia dituliskan didalam satu kertas, yang mana kertas tersebut adalah menurut ulama bisa jadi berupa pahala atau berupa kedudukan disisi Allah SWT dan tidak akan punah sampai hari kiamat.”

Kenapa dalam bacaan doa ba’da wudhu ada kata-kata taubat?

Karena dalam gerakan berwudhu kalo kita perhatikan semua anggota tubuh yang dibasuh adalah anggota tubuh yang sering berinteraksi (contoh: saat membasuh mulut, mulut kita itu kan kadang kita gunakan untuk hal yang baik maupun yang buruk).

Apa sih definisi Taubat?

Taubat itu artinya adalah kesalahan yang dikerjakan dengan mengakui kesalahan tersebut, dan menyesalinya, dan berjanji untuk tidak mengulanginya yang dibuktikan dengan meningkatnya amal soleh.

Masih ada tambahan pembahasan seputar fiqih, dan kita akan bahas di RAKAB selanjutnya setiap Senin (malam selasa), Pkl 20.00 – 22.00 di BASECAMP BIKERS DAKWAH, dan FREE yaa guys.

#BIKERSDAKWAH #DIRANGKULBUKANDIPUKUL

Leave a Comment

Your email address will not be published.