Rakab (Riders Kaji Kitab) Senin, 14 November 2022

Setiap ingin memulai Rakab (Riders Kaji Kitab), kita selalu rutin melakukan pembacaan RATIB Al-Haddad, membaca Surah Al-Waqiah dan Al-Mulk, dan membaca doa sebelum belajar.

Lalu pada RAKAB kali ini yang dipimpin Ust. Alfie Alfandy pembahasannya akan menyambung dari RAKAB (07 November 2022) yang masih membahas Dzikir dan Doa Setelah Shalat dan beberapa tambahan.

Mengapa menurut ulama isi dalam doa dan dzikir setelah shalat isinya Allah semua? Agar meskipun kita setelah shalat masih mendirikan shalat bukan melaksanakan shalat.

Saat kita sedang shalat apa ada yang marah? Contoh, seperti terinjaknya kaki dengan orang lain saat shalat. Pasti kita akan sabar dan menahan hawa nafsu kita, itu sebagai dasar kita mengaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari seperti hadist Rasullallah SAW “Jangan marah maka nanti saat mati akan masuk surganya Allah SWT

Orang yang setelah mendirikan shalat itu untuk menguatkan lisan kita, lisan kita dikuatkan dengan apa? Mata melihat, lisan membaca, pikiran mencerna, dan hati menetapkan. Kalimat-kalimat sunnah dalam doa dan dzikir shalat ini yang menetapkan kita menjadi orang-orang muslim dan mukmin.

Ada tambahan doa dan dzikir setelah shalat dengan fadillah penghapus dosa, yaitu:

  1. Lailahaillallah (12x)
  2. Allah (12x)
  3. Hu (12x)

Habib Al Jufri dan Habib Umar bin Hafidz tidak pernah meninggalkan amalan tersebut setelah shalat.

Maka dari itu semua doa dan dzikir dalam shalat ini membacanya bukan hanya lisan, yang baca bukan cuma bibir, yang baca bukan cuma lidah, yang baca bukan cuma mata, tolong hadirkan hati kalian untuk membaca dzikir dan doa ini baik dalam shalat maupun diluar shalat agar atsar kita besar. Namun saat kita memudahkan hati (menghadirkan hati) maka cobaannya akan besar (rata-rata emosi dan marah), tapi derajat kita akan Allah SWT tinggikan/naikkan dalam hal itu. Maka kejarlah derajat itu untuk bukan semata-mata ingin mendapat hormat dari umat tapi untuk apa? Untuk lebih dekat dengan syaidina Muhammad SAW.

Doa dan dzikir setelah shalat itu adalah tata cara mendapatkan Qolbun Salim, Qolbun Salim merupakan satu-satunya (dikatakan Habib Salim bin Jindan) surga itu Allah SWT ciptakan untuk siapa? Untuk orang yang Qolbun Salim (orang yang hati nya selamat) hati yang selamat adalah terutama dalam akidah atau agama islam.

Selanjutnya pembahasan berlanjut ke hal-hal yang membatalkan shalat,

Apa itu yang membatalkan shalat?

  1. Berbicara walaupun 2 huruf (contoh: YA) dan lupa akan daripada (banyak lupanya).

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, ini dijelaskan kalo misalkan dalam shalat dan hati tidak tenang atau tidak fokus baik berjamaah dan sendirian maka batal shalatnya. (sebaiknya sebelum shalat kita membaca surat An-Nas dan perbaiki wudhu nya).

  1. Banyak gerak (lebih dari 3 kali gerak), kecuali gerakan itu satu tempat dan gerakannya kecil.
  2. Buang angin (kentut).
  3. Makan (sisa makanan yang ada didalam mulut jangan ditelan), maka seharusnya saat shalat dibuang (kalau tidak ada orang) atau lebih baik dikantongin.
  4. Minum (contoh: sehabis kita minum kopi dan masih menyangkut di tenggorokan lalu tertelan dengan ludah kita karena belum minum air putih).
  5. Terbukanya aurat.

Masih ada tambahan pembahasan seputar fiqih, dan kita akan bahas di RAKAB selanjutnya setiap Senin (malam selasa), Pkl 20.00 – 22.00 di BASECAMP BIKERS DAKWAH, dan FREE yaa guys.

#BIKERSDAKWAH #DIRANGKULBUKANDIPUKUL

Leave a Comment

Your email address will not be published.